Dokumenter Seaspiracy di Netflix, Melihat kehidupan laut yang menyedihkan.

Seaspiracy sebuah film dokumenter yang berdurasi 89 menit dari sutradara Ali Tabrizi dan produser Kip Andersen yang release pada Maret 2021 di Netflix.

sumber foto : http://www.bbc.com

Film ini sangat membuat kaget atas fenomena lingkungan yang terjadi pada sekarang ini. Dalam film dokumenter Seaspiracy ini diperlihatkan bagaimana filmmaker Inggris yaitu Ali Tabrizi dengan sangat lantang mengkritik organisasi lingkungan dan aktivis lingkungan terkait permasalah sampah sedotan atau jaring ikan yang menjadi utama dan rantai makan dalam ekosistem laut.

Tidak sedikit aktivis lingkungan yang mengkritik film ini, dimana film ini dianggap sebagai sebuah bentuk propaganda bukan lagi sebuah bentuk jurnalisme dokumenter. Tapi seorang dokumentaris Eric Barnouw dalam buku Documentary menjelaskan bahwa perspektif film dokumenter semakin luas degan rangkaian film puitis etnografis, advokasi dan propaganda yang dimana kekuatan utama dalam film dokumenter adalah realitas yang akan membentuk kreativitas.

Tidak hanya memperlihatkan mengulas 1 negara terhadap industri penangkapan ikan tetapi film Seaspiracy memperlihatkan pembantaian lumba lumba di Taiji-Jepang, pembantaian paus di kepulauan Faroe, dan perbudakan di industri perikanan di Thailand.

sumber foto : http://www.twiter.com


Selain itu di dalam film dokumenter ini memperlihatkan bagaimana konsep Sustainable Fishing menjadi konsep yang tidak memiliki dasar yang jelas dan bagaimana film ini mempertanyakan masih relevankan sampah plastik sedotan menjadi masalah utama atau sampah jaring perikanan (ghost nets).

Dengan sangat berani Ali Tabrizi mengajak penonton untuk tidak mengkonsumsi ikan laut sehingga tidak terjadi perikanan komersial yang merusak kerusakan ekosistem laut. Dimana sutradara memperlihatkan sebuah pernyataan bahwa kerusakan ekosistem laut menjadi penyumbang pemanasan global.

Seaspiracy memperlihatkan kualitas gambar (indexical documentary) yang menarik seperti lumba lumba salah melompat bahkan diperlihat secara emosi secara visual ketika pembantaian lumba lumba. Tidak hanya gambar yang indah film ini juga memasukan elemen kunci film dokumenter yang lainnya. Sutradara membawa film ini menjadi lebih personal dikarenakan film ini dimulai dengan ketertarikan sutradara atas satwa laut sehingga terlihat bagaimana sutradara menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari awal hingga akhir film.

sumber foto : http://www.kapanlagi.com


Film dokumenter Seaspiracy menjadi salah satu rekomendasi yang menarik untuk ditonton selain menghibur akan menambah pengetahuan dan mungkin ini menjadi salah satu cara anda untuk mendukung ekosistem laut untuk menjadi lebih baik.

Selamat menonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s