Pledge – Bangkok Love Story “When a fortune-teller brake his a fore case”

Pledge – Bangkok Love Story adalah sebuah serial drama yang diproduksi oleh negara Thailand dan ditayangkan di platform OTT. Dimana serial drama ini mengangkat sisi area chinatown di kota Bangkok, Thailand dan juga sebuah kebudayaan tionghoa yaitu Fortune-Teller.

Serial drama ini disutradarai oleh Ekachai Uekrongtham, dimana Ekachai Uekrongtham tidak lagi dipertanyakan karyanya salah satu filmnya yang fenomenal adalah film Beautiful Boxer. Tidak hanya aktif sebagai seorang sutradara, Ekachai Uekrongtham pernah beberapa kali menjadi produser dalam produksi serial drama dan juga film di negara Thailand. Serial drama ini juga didukung oleh rumah produksi GMM Channel dalam proses produksi, dan diproduksi pada tahun 2019.

Alur cerita dari serial drama Pledge – Bangkok Love Story tentang seorang peramal anak muda yang memiliki kemampuan untuk membaca masa depan dengan akurat dan menjadi seorang peramal muda yang terkenal di area chinatown, Bangkok, peramal muda tersebut bernama Tee. Di awal cerita diperlihatkan Tee bertemu dengan seorang gadis muda yang bernama Elle, dimana sosok Elle diidentikan dengan anak muda kota besar pada umumnya yang sudah tidak percaya dengan ramalan ataupun agama. Padahal Tee sudah mengetahui bahwa kedekatannya Tee dan Elle akan memberikan bencana besar dimana dilihat dari keberuntungan berdasarkan tanggal, tahun, hari dan jam lahir, dimana hal tersebut masih dipercayai oleh masyarakat yang keturunan tionghoa. Dalam serial drama ini diperlihatkan konflik yang timbul akibat suatu ramalan yaitu cinta anak muda yang tidak membawa keberuntungan (hoki), dan orang tua yang kuat dengan kebudayaan tionghoa.


Selain disuguhkan alur cerita yang tidak biasa dari sebuah serial drama Thailand pada umumnya, Pledge – Bangkok Love Story memberikan visual yang konsisten dimana dominan warna merah dan kehidupan malam di chinatown (yaowarat road) yang banyak disuguhkan kepada penonton dalam serial drama ini. Apabila tidak menggunakan bahasa Thai tentunya serial drama ini susah ditentukan asal produksinya apakah sebuah serial drama produksi dari Thailand atau negara Tiongkok (ataupun negara dominan kebudayaan tionghoa), selain itu terdapat beberapa adegan dalam beberapa episode yang menggunakan lagu mandarin untuk memperkuat setting dan alur yang diangkat dalam serial drama ini. Setting china town di kota bangkok sangat jarang diperlihatkan dalam serial drama di produksi Thailand, pada umumnya film produksi selalu memperlihat sisi metropolitan kota Bangkok yaitu Siam Paragon ataupun mall besar lainnya tetapi dalam serial ini tidak tanpa sudut metropolitan. Dalam serial drama Pledge – Bangkok Love Story diperlihatkan bagaimana ramainya china town pada malam hari yang didominasi oleh wisata kuliner.

sumber foto : www,netflix.com

Tidak hanya diperkuat secara setting, kebudayaan tionghoa yang sangat kuat diperlihatkan dalam serial drama ini yaitu makan tradisional tionghoa yang familiar dimakan tetapi karena akulturasi dengan kebudayaan Thai menjadikan perubahan nama seperti Lod Chong (di Indonesia Cendol atau Dawet). Lain lagi dengan alat transportasi yang familiar di Bangkok dan bahkan menjadi ikon transportasi kota Bangkok yaitu Tuk Tuk tidak terlalu dominan diperlihatkan bahkan hanya diperlihatkan 1x dalam serial drama ini. Pada adegan yang menggunakan Tuk Tuk, diperlihatkan juga bagaimana bahayanya menggunakan transportasi tersebut bahkan memungkinkan terjadinya kecelakaan dan Tuk Tuk transportasi tidak mendukung alur cerita dari serial drama ini.

Alur cerita dari serial drama Pledge – Bangkok Love Story sangat konsisten dimana cinta anak muda yang mengalahkan segalanya, bahkan mengalahkan kebudayaan yang sudah dipercaya selama ini (dalam film ini pengetahuan dalam bentuk ramalan dan orang tua). Bahkan ada dialog yang konsisten antara Tee dan Liu (ayah Tee) dan juga Liu dan Elle bahwa semua itu adalah takdir, dan hanya cinta yang bisa mengalahkan takdir. Statement tersebut yang menjadi kunci dari serial drama ini

Tingkat konsisten baik dari alur cerita dan setting diperlihatkan dalam setiap episodenya dan menjelang episode diperkuat bahkan pada episode akhir yang alurnya dibuat sangat acak. Penulis sendiri sebagai penonton akan merasa kecewa apabila akhirnya “happy ending” tetapi sutradaranya Ekachai Uekrongtham memberikan twist ending yang membuat penulis menyukai serial drama ini.

Pledge – Bangkok Love Story ini sangat cocok untuk penonton film yang ingin mengetahui kebudayaan tionghoa yang dikemas dalam sebuah media massa yaitu film dan dilihat dari seorang pembuat film Thailand dan dikemas dalam bentuk drama anak muda tetapi tidak meninggalkan kebudayaan Thailand. Akses yang memungkinkan untuk menonton serial drama ini hanya dengan menggunakan platform Netflix dengan jumlah episode 13.

Selamat menonton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s