Manfaat Rutin Minum Teh

Masyarakat indonesia memiliki kebiasaan minum teh di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kebudayaan minum teh bukalah akar dari kebudayaan masyarakat Indonesia, tetapi kebiasaan tersebut dibawa oleh masyarakat eropa yang pernah ada di Indonesia. Andreas Cleyer, seorang kebangsaan Jerman yang pertama kali membawa teh dari Jepang masuk ke Indonesia. Sementara menanam teh di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Hindia Belanda, pertama kali perkebunan teh didirikan di Wanayasa (Purwakarta) dan Lereng Gunung Raung (Banyuwangi).

Teh memiliki kandungan asam amino yang bisa memperkuat immune tubuh dan anti-oksidan yang lebih baik dibanding dengan sayuran, oleh karena itu masyarakat Inggris dapat mengkonsumsi teh dalam sehari minimal dua kali. Tidak hanya masyarakat Inggris, tetap masyarakat Jepang memiliki kebudayaan minum teh yang menarik. Kebudayaan minum teh tidak timbul begitu saja, tetapi sudah menjadi akar budaya masyarakat Jepang. Teh dalam masyarakat jepang dianggap sebagai salah satu alat kesehatan.

Berikut adalah manfaat apabila anda secara rutin mengkonsumsi teh :

Mengkonsumsi tiga cangkir teh setiap hari dapat membantu mencegah stroke

Di dalam teh terdapat senyawa flavonoid yang berfungsi untuk mencegah pembuluh darah tersumbat. Umumnya senyawa flavonoid dapat ditemukan pada buah buahan tertentu, tetapi kandungan flavonoid di dalam teh jauh lebih tinggi dibandingkan di buah-buahan.

teh - klikdokter
Sumber foto : http://www.klikdokter.com

Teh dapat mengurangi stres

Di dalam kandungan sebuah teh memiliki efek menurunkan tekanan darah sehingga membuat tubuh anda menjadi rileks dan meredakan kecemasan. Tetapi cara yang benar ampuh menghilangkan stres menurut Rina Poewardi (ahli holistic aromaterapi) “Sediakan waktu khusus untuk meminum teh apabila anda inginmenghilangkan stres. Teh sendiri harus diminum dalam kondisi mindfulness, tidak terburu buru, rasakan dan nikmati hangatnya, aromanya”

Teh untuk melarutkan lemak

Didalam teh terkandung juga essential oil yang dapat memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan. Teh yang baik untuk melarutkan lemak adalah teh hijau, ekstrak teh hijau dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh. Selain itu teh hijau juga mengandung polifenol katekin yang bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh.

Teh meningkatkan kesehatan gigi

Polifenol yang terkandung dalam teh selain bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran energi, polifenol juga efektif untuk membunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak yang menempel pada gigi inilah yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan juga permasalahan dalam gusi.

Teh - helosehat
Sumber Foto : http://www.hellosehat.com

Teh bisa melindungi tulang

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan antara peminum teh dengan orang yang tidak meminum teh ditemukan bahwa orang yang minum teh secara rutin selama 10 tahun atau lebih akan memiliki tulang yang kuat. Jenis teh yang paling baik untuk melindungi kepadatan tulang adalah teh hitam, karena didalam teh hitam terkandung pengganti kalsium.

Teh - IdnTimes
Sumber Foto : http://www.idntimes.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s