Kopi Asal Indonesia

Kopi Indonesia -goodnewsfromindonesia
Sumber foto : http://www.goodnewsfromindonesia.co.id

Indonesia menjadi negara ke 4 penghasil kopi, setelah negara Brazil, Vietnam, dan juga Kolombia. Menjadi negara agraris dan tropis membuat Indonesia sangatlah cocok untuk menanam kopi dan tentunya  kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang berdaya saing internasional.

Petani kopi  Indonesia tersebar dari sabang hingga merauke, dan tidak hanya 1 jenis kopi yang dihasilkan dari petani kopi di Indonesia tapi ada beberapa jenis kopi dengan citra rasa berbeda. Terdapat 15 varietas kopi yang ada di dunia ini, dan beberapa varietas kopi tersebut ditanam di nusantara Indonesia. Seperti yang diungkapkan dalam majalah Otten “Kopinya boleh sama hitam tapi siapa yang tahu bahwa biji kecil yang nikmat ini berasal dari varietas yang berbeda beda.”

Berikut adalah 5 jenis kopi yng ditanam di Indonesia dan diakui oleh mancanegara

Kopi Sumatera

Kopi sumatera merupakan jenis kopi yang terfavorite, tidak hanya di pasar Indonesia tetapi juga di pasar internasional. Kopi sumatera memiliki rasa kopi yang lebih halus dan memiliki rasa kakao dan tembakau. Kopi Sidikalang, kopi Mandailing, kopi Gayo, dan kopi Lampung merupakan bagian dari kopi sumatera. Pecinta kopi yang tidak menyukai karakter sweetness dan juicy tentunya akan merasa pas dengan meminum kopi Sumatera.

Kopi Papua

Kopi yang berasal dari wilayah timur Indonesia ini dikenal dengan nama kopi Papua ataupun kopi Papua Wamena. Kopi yang tumbuh di ketinggian 1500m dan juga pada suhu 20 derajat ini memiliki cita rasa yang ringan dan memiliki keharuman yang tajam. Petani kopi papua umumnya menanam kopi secara organik dan tidak menggunakan bahan bahan kimia yang dapat mengganggu citra rasa kopi.

Kopi Indonesia - specialitycoffee
Sumber foto : http://www.specialitycoffee.co.id

Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang dapat ditemui di daerah Flores terutama di kabupaten Ngada. Kopi Flores Bajawa tumbuh di sekitar pegunungan yang masih aktif dan bertanah subur, umumnya kopi flores bajawa memiliki rasa fruity dan juga perpaduan dengan tembakau, kopi Flores Bajawa sangat cocok untuk mereka pecinta kopi yang tidak suka terhadap rasa pahit atau asam.

Kopi Jawa Barat

Jenis kopi jawa barat belum terlalu terkenal dengan jenis kopi Indonesia yang lainnya, tetapi jenis kopi jawa barat memiliki rasa yang hampir sama dengan kopi sumatera. Kopi Jawa Barat belakangan ini sedang naik daun dan mulai dicari penikmat kopi, kopi jawa barat dicari penikmat kopi dikarenakan memiliki rasa fruity yang lebih manis.

Kopi Bali

Berbeda dengan jenis kopi produksi Indonesia lainnya, kopi bali atau yang lebih dikenal dengan kopi bali kintamani memiliki citra rasa fruity dan cenderung asam dan segar. Citra rasa fruity yang diciptakan oleh kopi bali dikarenakan pola tanam yang dilakukan para petani Bali, umumnya petani kopi di Bali menanam kopi bersamaan dengan tanaman lainnya terutama aneka sayuran dan buah-buahan. Apabila anda menyukai kopi dengan citra rasa yang berbeda maka anda patut mencoba kopi Bali Kintamani.

Kopi Indonesia - marketeers
Sumber foto : http://www.marketeers.com

NB : sumber Featured Image : http://www.sadakofie.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s