Efek Positif Apabila Rutin Meminum Kopi

Petrus 10.3 Indonesia masuk di dalam 5 besar negara penghasil kopi, sedangkan pada urutan pertama ditempati oleh negara Brasil dan posisi kedua ditempati oleh negara Vietnam. Budaya minum kopi di Indonesia bukan begitu saja tumbuh di kalangan masyarakat, Tetapi melalui proses yang panjang khusus pada masa penjajahan. Budaya minum kopi di Indonesia sendiri hadir karena dibawah oleh orang Belanda. Bangsa Belanda melalui VOC menjadikan Indonesia sebagai komoditas utama perkebunan biji kopi untuk pasar eropa.

Sekarang ini budaya kopi menjadi salah satu sarana berkumpul ataupun sebagai sarana bersosialisasi untuk masyarakat Indonesia. Fenomena sosial tersebut timbul dengan ditandai menjamurnya kedai kopi di kota kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Kedai kopi yang beredar tidak hanya untuk kalangan sosial kelas A atau B, tapi terdapat kedai kopi untuk masyarakat kelas sosial C, atau istilah kedai kopi untuk masyarakat kelas sosial C adalah “WarKop” yang merupakan kepanjangan dari Warung Kopi.

Sebagai salah satu minuman favorite sekarang ini, kopi memiliki kandungan kafein dan juga kaya dengan anti oksidan yang dapat menghambat penyakit. Berikut adalah manfaat apabila rutin meminum kopi hitam:

Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah keadaan dimana daya ingatan seseorang merosot dengan tajam sehingga pengidapnya tidak mampu mengurus dirinya sendiri. Apabila rutin meminum kopi hitam sebanyak 3 cangkir dalam sehari dapat menghambat perkembangannya penyakit Alzheimer

Mencegah Gigi Berlubang

Penelitian di Brazil menjelaskan bahwa kopi hitam mampu membunuh bakteri pada gigi yang menghambat perkembangan bakteri dan mencegah gigi berlubang. Tapi perlu diingat hanya kopi hitam tanpa gula atau susu yang dapat menghambat perkembangan bakteri di gigi.

Mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian di Jepang menjelaskan perempuan yang minum dua atau lebih cangkir kopi dalam sehari akan beresiko rendah mengalami kanker usus besar. Selain kanker usus besar dengan mengkonsumsi kopi juga akan menurunkan potensi terkena kanker kerongkongan, mulut dan kulit.

Dapat membuat tidur nyenyak

Banyak yang mengatakan dengan meminum kopi akan membuat kita terjaga atau tidak mengantuk, hal tersebut dibenarkan oleh seorang dokter dari Inggris yang bernama Dr Andrew Rochford. Tetapi ada fakta unik yang diungkapkan oleh Dr Rochford, apabila ingin tidur nyenyak di malam hari cobalah minum segelas kopi hitam di sore hari dan akan membuat nyenyak tidur di malam hari, karena efek kopi hitam yang diminum pada sore hari akan kehilangan efek ketika malam hari tiba dan akan membuat tubuh kita letih dan membutuhkan istirahat.

Meningkatkan peningkatan memori

Cukup dengan 2 cangkir kopi espresso akan meningkatkan memori otak, karena efek dari kafein yang terdapat dalam kopi.

Semua hal memiliki efek positif dan negatif, sama halnya dengan kopi selain memiliki efek positif kopi juga memiliki efek negatif. Efek positif yang disampaikan akan bermanfaat apabila ada meminum kopi hitam dengan cukup yaitu 2-3 gelas sehari.

Petrus 10.1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s