Mengunjungi Masjid Terbesar di Asia Tenggara yaitu Masjid Istiqlal

Indonesia, merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mayoritas penduduknya beragama muslim selain itu patutnya muslim Indonesia bisa berbangga diri karena memiliki masjid terbesar di kawasan asia tenggara yaitu masjid Istiqlal. Masjid yang dicetuskan oleh presiden pertama indonesia yaitu Bapak Ir Soekarno dan memiliki makna sebagai Masjid Merdeka. Dan masjid istiqlal ini selalu digunakan presiden Indonesia sebagai tempat shalat setiap acara keagamaan islam.

Istiqlal_Mosque_simas.kemenag.go.id
sumber foto : http://www.simas.kemenag.go.id

Walaupun arsitek dari masjid ini seorang Kristen Protestan yaitu Frederich Silaban, tetapi masjid ini tidak kehilangan unsur islami-nya. Masjid yang bertema Ketuhanan ini tetap memiliki unsur kebangsaan yang kuat, hal tersebut diperlihatkan dari design secara keseluruhan dari masjid Istiqlal.

Design Interior Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal - Jejakpiknik.com
sumber foto : http://www.jejakpiknik.com

Masjid Istiqlal yang setiap dinding dan lantainya menggunakan marmer, mengacu terhadap konsep iklim negara Indonesia yang tropis seakan membuat bagian dalam masjid ini terasa lebih sejuk. Sang arsitek membuat konsep Masjid ini terbuka agar masuk udara dan sinar matahari yang merupakan gaya arsitektur dari negara tropis.

Bangunan yang terdiri dari 5 lantai dan lantai pertama digunakan untuk tempat umat muslim shalat ini memiliki kaligrafi pada bagian kubah dalam masjid. Kaligrafi yang terdapat dalam bagian dalam masjid merupakan hasil adopsi dari arsitektur Timur Tengah dan ditulis oleh K.H Faiz yang merupakan seorang khatthaath senior yang berasal dari Jawa Timur.

Bagian Luar Masjid Istiqlal

Masjid istiqlal memiliki 7 buah pintu masuk dan masing masing gerbangnya dinamai menurut Al-Asmaul-Husna (nama-nama Allah yang mulia dan terpuji). Konsep 7 pintu ini melambangkan jumlah hari dalam satu minggu dan lambang 7 juga melambangkan lapis langit dalam kosmologi alam semesta islam.

Pada bagian utama masjid terdapat sebuah kubah yang memiliki diameter sebesar 45meter, diameter kubah yang 45meter ini melambangkan tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada bagian puncak kubah terlihat simbol islam yaitu bulan sabit dan Bintang

Apabila pada masjid islam di negara Arab ataupun Turki memiliki banyak menara maka masjid Istiqlal memiliki 1 menara yang melambangkan Allah yang Maha Esa atau Allah yang tunggal.

Masjid Istiqlal ini menjadi salah satu identitas umat muslim di Indonesia yang beragama dan berkebangsaan yang kuat

Masjid Istiqlal - detik.com
sumber foto : http://www.detik.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s