Wisata Religi di Kota yang Mendapat Julukan “Pulau Seribu Masjid

Apakah dari anda pernah dengar dengan istilah kota “Pulau Seribu Masjid”, istilah tersebut merupakan julukan untuk propinsi Nusa Tenggara Barat. Selain istilah Pulau Seribu Masjid, Lombok menjadi Salah satu image dari kota ini. Hampir 94% penduduk Nusa Tenggara Barat menganut agama Islam yang berasal dari suku Sasak, Bima dan Sumbawa. Selain image Pulau Seribu Masjid, lombok juga terkenal dengan destinasi wisata pantai dan destinasi snorkeling. Tetapi tahukah anda bahwa kota Mataram yang merupakan ibukota propinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki tempat wisata religi yang cukup menarik? Berikut adalah 5 turis destinasi wisata religi di Nusa Tenggara Barat:

Desa Bayan

2 www.triptrus.com
sumber foto : TripTrus

Desa yang masih memegang teguh adat istiadat leluhur ini berada di kabupaten Lombok utara, tepatnya berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Di area desa ini terdapat sebuah masjid tertua di Nusa Tenggara Barat yaitu masjid Bayan. Masjid yang dibangun oleh Syek Gaus Abdul Razak memiliki bentuk bangunan persegi dan di masing masing sudut masjid ini terbuat dari anyaman bambu. Ketika anda ingin masuk kedalam masjid ini anda harus membungkuk, sebagai bentuk penghormatan untuk masuk kedalam masjid. Umumnya para wisatawan mengunjungi desa bayan selain melihat masjid pertama di Nusa Tenggara Barat juga untuk mengetahui sejarah perkembangan islam di Pulau Lombok yaitu di Desa Bayan.

Masjid Hubbul Wathan

1
sumber foto : Nadya Travel Diary

Berlokasi di NTB Islamic Center, Masjid Hubbul Wathan menjadi salah satu pusat wisata religi di kota Mataram. Memiliki gaya arsitekur seperti masjid masjid di kawasan Timur Tengah, Masjid Hubbul Wathan dilengkapi oleh 4 menara yang memiliki ketinggian 99 meter. Nama masjid Hubbul Wathan dimaknai dengan cinta tanah air, bukan hanya sebatas nama tapi bertujuan agar masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk terus berjuang untuk negara yang berarti berjuang untuk agama. Waktu yang baik untuk mengunjungi masjid ini ketika malam hari, dimana lampu lampu sorot mewarnai masjid ini dengan indah dan cantik

Kompleks makam Selaparang

Berlokasi 55km dari kota Mataram, kompleks makan selaparang atau lebih dikenal dengan makam keramat raja selaparang merupakan salah satu tempat yang banyak dikungjung peziarah khususnya ketika memasuki musim keberangkatan haji. Selaparang merupakan sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di Lombok, tetapi tidak ada satupun bukti yang menandai tentang kerajaan tersebut

Loang Baloq

Dalam bahasa sasak istilah Loang Baloq diartikan dengan Pohong Beringin yang berlubang, memang pada areal ini terdapat beberapa pohon beringin besar. Diareal Loang Balonq selain ditemukan pohon beringin besar yang sudah berumuran ratusan tahun juga ditemukan beberapa makam Salah satu makam yang berada diareal Loang Baloq yaitu makam Syek Gaus Abbdurrazak, beliau adalah seorang syek terkenal dari Irak yang menyebarkan agama islam di daerah Lombok dan juga syek yang membangun masjid Bayan. Salah ritual yang banyak dilakukan di areal ini adalah memotong rambut balita dan kemudian menyematkan ke salah satu akar gantung pohon beringin ritual ini dinamakan “ngurisang”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s