Produser dan Executive Produser, Siapakah Mereka Dalam Proses Produksi Sebuah Film

Tentunya anda pernah dengar istilah Produser, ataupun Executive Produser. Kedua istilah tersebut sangatlah umum dalam filmnya khususnya dalam credit tittle  film. Tetapi tahukah anda perbedaannya Produser atau Executive Produser

Produser ataupun Executive Produser merupakan sebuah job description dalam departemen produksi pada proses produksi film. Walaupun terkadang khalayak umum tidak mengetahui perbedaan secara detail ruang lingkup pekerjaannya.

Ketika mendengar istilah Executive Produser selalu diidentikkan dengan pemilik modal yang berinvestasi dalam industri film dan berharap untung, “cuan” ataupun Break Event Point dari dari sebuah produksi film tanpa melalukan kegiatan apapun terhadap sebuah karya film tersebut. Apakah itu ruang lingkup seorang Executive Produser?

Sepertinya halnya kru yang lain dalam sebuah proses produksi seharusnya seorang Executive Produser harus mengambil bagian dari proses produksi sehingga menghasilkan sebuah karya yang bisa dikonsumsi khalayak dan mengdapatkan “cuan”

Berikut adalah penjelasan dan juga ruang lingkup kerja dari Produser dan Executive Produser

Produser

Produser adalah seseorang yang membuat film dan bertanggung jawab secara langsung dan melaksanakan tugasnya secara sadar menurut buku Job Description Pekerja Vol.1 sementara dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Sem Maltsev dengan judul artikel ” What does a film producer do?” dedefinisikan bahwa produser adalah pekerja administtrasi dalam produksi film yang tugas utamanya adalah mengendalikan, memantau dan mengendalikan lagi sebuah produksi film berdasarkan strategi yang telah dibuat. Adapun hal yang di kendalikan dari seorang produser adalah keuangan, pemilihan investor, supervisi untuk lokasi, peralatan syuting, casting dan juga bertanggung jawab atas kontrak, baik kontrak kru dan pemain.

Tidak hanya bertanggung jawab pada proses development hingga paska produksi (hingga film menjadi sebuah karya), seorang produser juga perlu mengawasi strategi distribusi serta publikasi film pada proses distribusi dan eksebisi. Karena film tidak hanya diproduksi tetapi perlu perlihatkan ke khalayak umum.

Dalam proses produksi film seorang produser bekerja dari tahapan development hingga distribusi dan eksebisi.

Executive Produser 

Secara etimologi, Executive Produser adalah orang yang berkaitan dengan sisi bisnis dari sebuah produksi film, atau bisa dikatakan orang tidak terlibat secara langsung terhadap aspek teknik dari proses produksi film, tetapi seorang executive produser akan bertanggung jawab penting terhadap pendanaan dari sebuah produksi film.

Walaupun seorang executive produser tidak terlibat secara teknik dalam sebuah proses produksi, tetapi seorang executive produser harus mengetahui proses produksi sebuah film dan juga mengetahui kebutuhan pasar dalam film.

Dalam film Last Action Hero, sosok Arnold Schwarzenegger dikreditkan menjadi seorang executive produser dikarenakan sosok aktor hollywood tersebut secara aktif terlibat dalam pemilihan sutradara film Last Action Hero, dimana Arnold Schwarzenegger memanggil Shane Black untuk menyutradari sekaligus menulis naskah film tersebut. Tidak hanya terlibat dalam pemilihan Shane Black dalam proses produksi tetapi aktor Arnold Schwarzenegger terlibat langsung dalam desain poster, atas keterlibatannya itulah sosok aktor Arnold Schwarzenegger di kreditkan menjadi seorang Executive Produser.

Executive Produser seharusnya ikut berperan aktif dalam sebuah proses produksi dimana support yang bisa diberikan dari seorang Executive Produser terkait Bisnis (seperti Publikasi dan Marketing) baik sebagai supervisor.

Baik menjadi seorang produser ataupun seorang executive produser dalam sebuah produksi film adalah posisi yang penting dan memiliki tanggung jawab yang berbeda  sehingga film dalam release dalam bioskop baik bioskop komersil seperti 21 Cineplex, CGV, dan lainnya ataupun bioskop alternatif seperti Kineforum, Kinosaurus dan yang lainnya. Tidak cukup kalau hanya tayang di Bioskop, tetapi film dapat diputar lama di bioskop dan khalayak umum bisa menerima pesan yang disampaikan oleh pembuat filmya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s