Olahraga Ini Sangat Cocok Dilakukan Bagi Orang Pemalas

Tidak semua orang menyukai olahraga, apalagi bagi mereka yang sangat malas bergerak. Ditambah lagi dengan banyaknya pekerjaan sehari harinya yang membuat tubuh terlalu lelah untuk bergerak. Sehingga olahraga mungkin menjadi hal yang paling malas untuk dilakukan. Padahal olahraga itu memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Tak hanya dapat membuat fisik jauh lebih bugar, namun olahraga menjadi sarana untuk mengeluarkan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh melalui keringat. Sehingga olahraga menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang agar tetap menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta terhindari dari berbagai macam penyakit.

berenang

Jika sampai anda malas bergerak, maka hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan yang lebih parah, malas bergerak juga menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, stroke, obesitas serta berkurangnya refleks pada tubuh. Bahkan menurut studi yang pernah diterbitkan oleh the Lancet mempaparkan jika 5,3 juta kematian yang ada di dunia disebabkan karena fisik yang kurang aktif. Sehingga membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit yang membahayakan. Untuk itu lah, meskipun anda malas bergerak, namun olahraga memang penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang mungkin akan sangat cocok dilakukan bagi anda yang malas bergerak.

Peregangan

Gerakan ini adalah yang paling dasar, bahkan mungkin bisa anda lakukan tanpa harus bangun dari tempat tidur sama sekali. Percaya atau tidak, banyak ahli yang berpendapat jika peregangan atau stretching memiliki manfaat yang luar biasa bagi kelenturan tubuh. Tak hanya itu saja, peregangan akan membantu meningkatkan aliran darah yang menuju otot. Dimanapun anda berada, baik itu di kasur, sofa, dan lainnya anda bisa dengan mudah melakukan gerakan peregangan ini. lakukan peregangan dengan irama gerakan dinamis dan lembut. Gerakan peregangan bisa anda lakukan setelah lelah beraktivitas seharian karena memberikan kenyamanan yang luar biasa.

Berjalan kaki

Berjalan kaki mungkin bisa menjadi aktivitas olahraga lainnya yang pas bagi anda yang malas bergerak.olahraga yang satu ini mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tak perlu jauh-jauh ke taman kota, cukup dengan mengelilingi kompleks perumahan saja ini akan bermanfaat baik bagi tubuh anda. jika anda malas sendirian, anda dapat mengajak keluarga atau teman agar lebih asyik. Tak hanya memberikan manfaat yang banyak, namun olahraga ini juga mudah dilakukan.

Naik Turun Tangga

Olahraga lainnya yang bisa anda coba adalah naik turun tangga. Meskipun terbilang simple, namun aktivitas ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Dibandingkan menggunakan lift, anda bisa mencoba menggunakan tangga untuk berpindah tempat dalam satu gedung, misalnya seperti di kantor, mall dan lainnya. Dengan naik turun tangga, otomatis tubuh anda akan bergerak. Hal ini sama saja dengan anda melakukan jalan santai atau jogging. Dan rasanya jika anda ingin turun/naik 2-3 lantai saja menggunakan tangga, bukanlah hal yang berat bukan?

Menari

Salsa Dancing Bagi anda yang benar-benar malas bergerak, mungkin anda bisa mencoba aktivitas menari yang sama saja seperti berolahraga. Olahraga tak harus selalu tentang senam atau gym, yang penting adalah bagaimana tubuh terus berkeringat dan bergerak. Anda bisa mencoba memutar musik favorit anda dan kemudian menari mengikuti irama music yang ada. Putarlah music dengan irama beat seperti hip hop atau RnB yang dapat membuat semangat menari menjadi lebih tinggi. dalam waktu singkat saja, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat yang membuat semakin bugar dan sehat. Tips ini tak hanya ampuh bagi yang malas gerak namun juga menyenangkan untuk dilakukan.

Gerakan Yoga

Yoga Mungkin bagi orang awam, gerakan yoga seperti terlihat mudah dan seakan sedang tidak melakukan apapun. Hanya duduk bersila dengan mata terpejam selama beberapa waktu. Meskipun begitu, olahraga yang satu ini bisa membantu agar menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Dan bagi anda yang malas bergerak, olahraga yoga memang sangat cocok untuk dilakukan. Yoga hanya memiliki beberapa gerakan dan tidak menguras banyak tenaga,namun tetap membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidur juga dapat lebih nyenyak. Misalnya saja seperti gerakan legs-up the wall yang memiliki manfaat untuk melancarikan sistem sirkulasi darah dari tubuh bagian atas ke kaki. atau anda bisa mencoba pose Pavanmuktasana yang sangat efektif melunturkan lema-lemak yang menumpuk di bagian perut.

Belanja

Dapat dikatakan jika belanja menjadi salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Siapa sangka jika aktivitas belanja ini bisa menjadi pengganti olahraga yang dapat membuat tubuh bergerak dan lebih sehat. Nah bagi anda yang malas bergerak, berbelanja bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. Saat berbelanja, maka mau tidak mau anda harus berkeliling untuk mendapatkan barang-barang apa saja yang anda butuhkan.

Meskipun memang kegiatan yang bakal membuat anda boros, namun olahraga ringan ini juga dapat membuat kamu bahagia dan sehat. Selain menyenangkan, anda sudah membakar hingga 120 kalori saat sedang berbelanja.

Berenang

Olahraga selanjutnya yang cocok bagi orang yang malas gerak. Menurut penelitian yang telah dilakukan, berenang selama 1 jam dengan intensitas yang sedang dapat membakar hingga 500 kalori bahkan tanpa perlu mengeluarkan keringat sedikitpun. Berenang juga menjadi aktivitas yang menyegarkan, sehingga tak heran jika banyak orang-orang yang cenderung malas gerak memilih renang sebagai aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih sehat dan segar.

Bersih-bersih Rumah

Sebenarnya ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang malas gerak, mulai dari malas kemanapun atau hanya ingin berdiam diri karena sudah nyaman. Namun meskipun begitu, anda bisa tetap mencoba melakukan hal-hal positif yang dapat membuat tubuh bergerak. Misalnya saja anda bisa mengganti aktivitas olahraga dengan membersihkan rumah anda. mulai dari menyapu, mengepel, mencuci baju, mengelap kaca, ataupun menata kamar yang berantakan bisa anda coba. Tanpa disadari, hal ini akan membuat tubuh berkeringat dan sehat serta membuat rumah yang tadinya kotor menjadi lebih bersih.

sumber unsplash (4)-min

Bersepeda

Bersepeda juga bisa anda jadikan sebagai alternative lainnya yang dapat membuat tubuh lebih sehat dan segar. Tak hanya menyehatkan badan, namun aktivitas bersepeda nyatanya juga dapat membuat anda lebih bahagia dan rileks. Tak perlu datang ke tempat fitness untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Hanya dengan bersepeda saja dapat membantu agar bentuk tubuh tampak ideal. Bersepeda juga dapat melatih agar tubuh tidak manja, sehingga semakin kebal terhadap penyakit dan menguatkan sistem imun.

Nah itu tadi 9 olahraga yang bisa mudah dilakukan bagi orang-orang yang malas gerak. Yang terpenting adalah tubuh tetap bergerak dan berkativitas sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Jika tubuh sehat, maka tentu saja penyakit-penyakit tidak bisa mudah menyerang tubuh anda. semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s