Kepribadian Orang Timur yang Santun

Santun merupakan salah satu kepribadian orang timur yang sudah menjadi image yang menempel di dalam tubuhnya. Kepribadian santun ini sudah terbentuk akibat pola kehidupan yang selama ini dijalankan. Selain pola kehidupan ada faktor lain yang membentuk kepribadian timur tersebut, antara lain : sistem agama dan politik, bahasa, pakaian, karya seni dan tentunya adat istiadat.

Kepribadian orang timur sangat menjunjung tinggi nilai dan norma yang ada didalam masyarakat disebut dengan nilai kesopanan, berikut adalah ciri kepribadian orang timur yang selalu dihormati oleh negara-negara barat seperti Amerika maupun negara negara di daratan Eropa :

salam
Sumber : http://www.idntimes.com

Salam

Memberikan salam, merupakan salah satu perilaku yang banyak dilakukan ketika antar orang ketika saling bertemu. Baik memberikan salam atau hanya sekedar memberikan senyum. Terkadang salam yang berikan adalah sebagai bentuk sapaan terhadap seseorang kepada orang lain.

Menghormati orang yang lebih tua

Selalu menggunakan kata “Bapak” atau “Ibu” ataupun “Mas” atau “Mba” dan sapaan lainnya untuk mereka yang lebih tua ataupun tidak mengetahui secara spesifik usia orang tersebut. Berbeda dengan kepribadian barat yang memanggil orang yang lebih tua dengan nama ataupun nama keluarganya, ketika melakukan hal tersebut di negara timur maka dianggap berbuat tidak sopan terhadap orang yang lebih tua. Memanggil orang yang lebih tua tidak dengan namanya merupakan salah satu bentuk adat istiadat dari yang telah lama dimiliki oleh kepribadian orang timur. Panggilan terhadap yang lebih tua berberbeda disetiap daerah.

Mengucapkan “terima kasih” atau “tolong”

Ketika sedang membutuhkan bantuan orang lain, kepribadian orang timur selalu mengucapkan kata “tolong” dan setelah menyelesaikan bantuan tersebut mengucapkan “terima kasih”. Bentuk komunikasi tersebut yang membuat orang barat menghargai orang timur, keadaan yang seperti ini disebut dengan santun dalam bermasyarakat.

main_image_14228
Sumber : http://www.yukepo.com

Memberikan senyum

Selalu terlihat ramah menjadi ciri khas dari masyarakat timur, dan salah bentuk ramah yang disampaikan yaitu dengan memberikan senyum kepada mereka yang sudah dikenal ataupun baru dikenal. Senyum merupakan salah satu komunikasi non-verbal yang disampaikan ke lawan bicara kita, karena santun tidak hanya ditunjukan dari bahasa atau kalimat tetapi dari gesture.

Berbusana yang rapi dan sopan.

Salah satu bentuk santun dalam berpakaian yaitu dengan menggunakan pakaian yang menutupi aurat dan terlihat rapi. Walaupun menggunakan pakaian yang menutupi aurat tapi busana yang digunakan masyarakat timur cukup trendy. Salah satu busana yang selalu dikagumi oleh orang barat yaitu Batik. Sekarang ini Batik telah dinyatakan sebagai salah satu warisan Indonesia oleh UNESCO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s