The Greatest Showman, sebuah pesan kebaikan yang ingin disampaikan sutradara dalam medium film.

The Greatest Showman, penampilan si tangguh Hugh Jackman (Wolverine) menjadi seorang pemimpin sirkus (PT Barnum) yang bisa menari sambil bernyanyi (Film Musikal).

Sebuah film musikal yang di setting dengan sangat apik oleh Michael Gracey (sutradara) dan sebuah Jenny Bicks dan Bill Condon (Penulis Skenario), bahkan ketika film dimulai alunan musik sudah dipersembahkan kepada penonton.

Walaupun genre film ini adalah musikal tapi banyak  pesan film yang disampaikan melalui lirik lagu. Silakan cek soundtrack Film The Greatest Showman ada di Youtube (Rekomendasi penulis yaitu A Million Dreams, Never Enough dan This is Me karena penuh dengan pesan moral kehidupan terutama tentang berfikir positif dan bermimpi)

Film merupakan sebuah medium komunikasi, dimana di dalamnya terdapat pesan yang ingin disampaikan dari sutradara kepada penonton film tersebut. Dalam film The Greatest Showman mengambil tokoh yang PT Barnum yang menyampaikan kebahagiaan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya di daratan Amerika pada saat itu (The Noblest Art is that making others happy – quotes of P.T Barnum). Selain itu PT Barnum memperlihatkan bagaimana seharusnya sebuah pertunjukan, dimana setelah menonton sebuah pertunjukan penonton seharusnya merasa bahagia.

The Greatest Showman
Sumber foto : http://www.vogue,com

Sebuah alur cerita yang sangat kuat dengan ditunjang lirik lagu yang sangat baik menjadi point utama dalam film ini. Kekuatan sebuah film musikal yaitu alur cerita dan lagu yang saling mendukung sehingga membentuk ikatan yang membuat penonton merasa nyaman menonton dan tidak sadar kalau film tersebut berdurasi 1 jam 45 menit.

The Greatest Showman1
sumber foto : http://www.gizmodo.com

Durasi 1 jam 45 menit, menjadi sesuatu yang tidak biasa untuk film feature, tapi apabila di”bungkus” dengan rapi dan baik menjadi sebuah film inspiratif untuk penonton. Tetapi dengan durasi yang begitu panjang ada kesannya cerita tetap tidak disampaikan dengan detail, hal ini terlihat ketika PT Barnum mulai mencari orang orang spesial yang dipilih tidak diperkenalkan detail siapa saja tokoh tersebut secara keseluruhan. Film ini hanya berfokus kepada pesan yang ingin disampaikan khususnya pesan dari tokoh PT Barnum. Walaupun begitu proses pengenalan tokoh anggota sirkut tersebut tidak menjadi persoalan yang terlalu mengganjal, karena ikatan film sudah kuat sehingga penonton akan menikmati secara keseluruhan film.

Film ini sangat direkomendasikan penulis untuk ditonton khususnya bersama anak anak karena film ini memberikan pesan positif khususnya dalam hal mengejar mimpi dan kita tidak mudah menyerah dalam sebuah situasi.

Selamat menonton.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s