Kalimantan atau yang lebih dikenal dengan “Borneo” oleh turis asing merupakan paru paru dunia dikarenakan memiliki keindahan hutan dengan varietas pohon yang beraneka ragam dan juga spesies hewan yang beraneka ragam. Jika anda seorang yang memiliki jiwa berpetualang dan suka menikmati wisata alam, kalimatan adalah salah satu destinasi yang patut dikunjungi. Kalimantan tengah merupakan pilihan yang tepat untuk anda berpetulangan dan pangkalan bun adalah pintu utama untuk masuk ke Kalimantan tengah ini.

DCIM100GOPROGOPR0551.

Pangkalanbun adalah salah satu kota bagian selatan dari kepulauan Kalimantan yang memiliki konservasi orang utan terbesar dan terkenal secara internasional maupun domestik yaitu taman nasional tanjung puting. Apabila membicarakan tentang tanjung puting tidak akan terlepas dari nama Dr. Birute M.F Galdikas, dia adalah salah satu pelopor berdirinya salah satu konservasi orang utan yaitu Camp Leakey. Akses menuju Taman Nasional Tanjung Puting yang itu melalui kota Pangkalanbun

Screenshot 2016-08-05 14.50.04

Menuju kota pangkalanbun bisa diakses dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan pesawat terbang dan jalur darat. Akses pesawat terbang menuju pangkalanbun yaitu dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan juga kota-kota di Kalimantan seperti ketapang, Pontianak, sampit dan lainya. Jalur darat untuk menuju pangkalanbun dapat ditempuh dengan bus dari kota Palangka raya. Ada 2 jenis bus yang tersedia yaitu bisnis class dan ekonomi class.

DCIM100GOPRO
Rumah Betang

Sebelum anda mengunjungi taman nasional tanjung puting, ada baiknya anda berkeliling di sekitar kota pangkalanbun untuk menikmati beberapa turis destinasi peninggalan dari kerajaan kutaringin yaitu istana kuning. Kerajaan kutaringin merupakan pecahan dari kerajaan banjar, pada awalnya kerajaan kutaringin merupakan kadipaten karena campur tangan dari pemerintahan belanda (VOC) dan juga perjanjian raja banjar terhadap ke empat anaknya terbentuklah kerajaan kutaringin.

Pada awalnya kerajaan kutaringin berlokasi di kabupaten kota waringin lama yang kemudian berpindah ke kota waringin barat. Sekarang ini di kota waringin barat berdiri cantik dan asri sebuah istana yang menjadi lambang dari Kerajaaan kutaringin yaitu istana kuning. Salah satu alasan kenapa istana ini dinamakan istana kuning karena warna kuning dianggap warna keramat menurut masyarakat sekitar khususnya dayak.

Screenshot 2016-08-05 14.32.57

Kerajaan kutaringin menjadi pertama dan satu satunya kerajaan islam di daerah Kalimantan, oleh karena itu terdapat sebuah masjid agung yang berdiri indah ditengah kota pangkalanbun yaitu Masjid Agung Riyadlush Shalihin. Masjid agung ini terkenal dengan menara kembar yang berdiri kokoh setinggi 16M dibagian halaman masjid. Masjid agung riyadlush shalihin yang berarti taman orang saleh dalam bahasa daerah, merupakan salah satu ikon dari kota pangkalanbun yang masih kuat terhadap agama islam. Masjid ini juga pernah dijadikan tempat untuk sholat gerhana ketika terjadi gerhana total pada bulan Maret 2016 lalu. Warna hijau yang mendominasi dan design yang cantik membuat anda merasa nyaman dan tidak bosan untuk menghabiskan waktu. Sore hari merupakan saat yang cocok untuk mengunjungi masjid agung ini.

Screenshot 2016-08-05 14.30.05

Setelah puas berkeliling kota pangkalanbun tidak puas rasanya apabila tidak mencicipi makanan khas dari pangkalabun, yaitu Coto Manggalang. Coto Manggala diartikan sebagai soto ketela dalam bahasa daerah, cocok dimakan sebagai pemuas lapar khusunya pada jam makan siang. Warga pangkalan bun bisa memasak masakan ini, karena coto manggala menjadi salah satu makan wajib dalam acara keluarga di pangkalan bun.

coto manggala
Coto Manggala, sumber : http://1.bp.blogspot.com/

IKC Coffee Shop, memang pangkalanbun bukanlah salah satu kota penghasil kopi, tapi pangkalan bun memiliki satu coffee shop andalan yaitu IKC Coffee Shop. Tempat ini merupakan tempat anak muda pangkalan bun untuk menghabiskan malam bersama teman baik dihari weekdays maupun weekend. Salah satu menu kopi favorite yang patut dicoba ditempat ini adalah Vietnam Milk Coffee.

Sudah puas mengelilingi kota pangkalan bun selama satu harian penuh, kini saatnya menuju taman nasional tanjung putting untuk menikmati keindahan hutan Kalimantan dan bermalas malasan diatas kelotok.

DCIM100GOPROGOPR1069.

Selamat berpetualang dan terus jelajahi indonesia, karena berpetualang di negara sendiri jauh lebih baik.

Advertisements