Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki transportasi yang sangat rumit. Ini terbukti ketika saya melakukan perjalan traveling di jepang khususnya kota Tokyo.

Saya ingin berbagi pengalaman selama saya melakukan perjalanan di Jepang khususnya Tokyo, Osaka dan Kyoto.

image

Ini adalah peta subway dan kereta di Tokyo. Dikota Tokyo sendiri ada 2 stasiun besar yang semua line melewati stasiun tersebut yaitu Tokyo Station dan juga Shinjuku Station. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah sign (tanda penunjuh arah) dan juga no platfom, apabila kita sudah mengetahui lokasi kereta tersebut dan juga no platformnya pasti tidak akan salah. Kita harus melihat detail sign (tanda penunjuk arah) untuk Line kereta karena tidak dibuat detail kemana arahnya. Saran saya kalau mau menggunakan transportasi subway dan train yang paling akurat menggunakan google maps. Sebelum kita masuk ke bawah tanah atau stasiun lebih baik dipersiapkan terlebih dahulu karena ketika kita berada distasiun bawah tanah sinyal sangat sulit.

Hal yang perlu di perhatikan ketika menggunakan google maps adalah line kereta yang ingin kita gunakan, no platform dan juga jumlah station yang dilewati. Ada beberapa line (jalur kereta) yang tidak memberikan pemberitahuan  dalam bahasa inggris.

Selama di Jepang kartu apa yang kita ingin gunakan untuk lebih murah dan lebih simple :

JR Pass
JR Pass salah satu kartu yang cocok digunakan selama dijepang apabila kita mau kelebih 2 kota seperti : Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo. Kartu ini sangatlah cocok untuk digunakan karena akan mengurangi biaya tranportasi kita. Karena apabila kita ingin menggunakan shinkanzen untuk pindah kita akan menghabiskan sekitar 20,000 Yen untuk perjalanan untuk satu kota, tapi dengan menggunakan kartu JR Pass bisa mendapatkan diskon sekitar 50-75%, tetapi dengan menggunakan kereta yang ditentukan oleh JR Pass. Tenang saja ada beberapa kereta shinkanzen yang masuk dalam JR Pass. Selain itu JR Pass bisa juga digunakan dalam beberapa subways dan train tertentu didalam kota khususnya tokyo, osaka dan kyoto. Keuntungan lainnya JR Pass bisa dibeli di internet dan pembayaran dengan kartu kredit dan diambil di bandara (terminal kedatangan) tapi minimal seminggu sebelum tiba di Jepang sudah melalukan pemesanan. Info bisa dilihat di http://www.japan-rail-pass.com/JR-Pass

SUICA dan PASMO
Suica dan Pasmo, ini kartu seperti Flazz dan Emoney. Prepaid Card yang bisa kita gunakan selama di Tokyo. Kartu ini mempermudah pembelian tiket subways dan kereta. Dengan kartu ini kita tidak perlu lagi untuk antri dan membeli tiket di mesin tiket. Untuk tarif yang dikenakan sama saja dengan harga tiket yang biasa. Untuk informasi saja ketika RUSH HOURS banyak orang yang akan antri di mesin tiket untuk membeli tiket dan juga melakukan penambahan saldo kartu. Saya sendiri mengunakan suica selama di Tokyo. Kartu suica bisa dibeli di mesin tiket dengan harga 4000 Yen dengan 500 Yen untuk deposit uang dan 3500 Yen bisa kita gunakan sebagai saldo. Apabila saldo kita habis kita bisa melakukan penambahan saldo di setiap mesin tiket di stasiun baik di tokyo maupun kota lain  sebesar  500, 1000, 2000 dan juga 5000 Yen. Supaya uang deposit kita tidak hilang ada baiknya kita melakukan refund kartu SUICA dan PASMO yang telah kita beli. Karena ketika kita meninggalkan kota Tokyo kartu ini tidak bisa di Refund. SUICA dan PASMO bisa dibeli di bandara kedatangan Haneda Airport.

image

ICOCA
ICOCA. konsep kartu ini sama dengan SUICA maupun PASMO. Kartu ICOCA merupakan kartu transportasi yang digunakan selama di kota OSAKA. Konsep pembelian dan pengembaliannya kartunya sama suica dan pasmo. Kita bisa membeli kartu ini disemua station di Osaka. Saat kita meninggalkan osaka jangan lupa melakukan refund untuk kartu ini, karena kita tidak bisa melakukan refund di luar dari kota osaka. Kartu ICOCA juga bisa digunakan dibeberapa kota seperti kyoto dan tokyo.

image

Kartu JR-Pass, Suica dan ICOCA tidak hanya digunakan untuk membeli tiket kereta dan subway tapi juga bisa digunakan untuk membayar tiket bus dan juga taksi, selain itu membayar belanjaan di mini market dan juga pembayaran lainnya.

Keuntungan  lain yang dimiliki oleh JR-Pass adalah kita akan mendapat diskon dibeberapa tempat makan (restoran ataupun cafe) dan juga hotel yang bekerjasama dengan JR-Pass, Informasinya bisa dilihat di websitenya.

Kartu-kartu tersebut sangat cocok digunakan selama kita traveling di jepang khususnya di Tokyo, Osaka dan Kyoto. Kartu mana yang cocok semua tergantung pilihan anda.

Selamat berwisata di Jepang

Salam
Petrus Sitepu

Advertisements